Mencoba untuk memformat drive eksternal yang besar USB atau Firewire hard drive ke sistem file FAT32? dengan cara biasa pasti tidak dapat melakukannya? Format drive dalam FAT atau FAT32 akan memungkinkan untuk dibaca oleh sistem operasi lain, seperti Mac, Linux, dan versi Windows seperti Windows 98.
Sayangnya, Windows XP dan Windows Server 2003 hanya akan memformat drive removable FAT32 jika kurang dari 32GB! Namun, Windows dapat memformat drive yang lebih besar dari 32GB di FAT32, tetapi anda harus menggunakan perintah DOS prompt. Namun, jika anda memiliki drive 1TB atau lebih besar, anda mungkin masih mendapatkan error yang mengatakan “The volume is too big for FAT32“.
Dalam hal ini, anda dapat menggunakan program gratis bernama SwissKnife dan Fat32Formatter yang akan memungkinkan anda untuk memformat external hard drive up to 2TB.
Format External Hard Drive ke FAT32 di Windows
Buka jendelela Command Prompt dengan cara ketik Run dan ketikan cmd atau jika anda penguna Windows 7 cukup ketik cmd pada kotak pencarian di menu start.
Sekarang ketik perintah berikut pada jendela Command prompt:
Format / FS: FAT32 X:
Ganti huruf X dengan letter hard drive eksternal anda di Windows tekan enter dan “Y” maka Windows akan mulai memformat drive di FAT32!
formatexternalharddrivefat Cara Memformat External Hard Drive ke FAT32 di Windows
Format external hard drive  FAT32 menggunakan SwissKnife
SwissKnife adalah program kecil yang cukup bagus dan benar-benar gratis yang dapat anda gunakan untuk memformat berbagai jenis drive eksternal seperti USB, Firewire, PCMIA, SATA dan SCSI. Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat partisi pada external hard drive dan format lebih cepat daripada Windows.
FormatHD04 Cara Memformat External Hard Drive ke FAT32 di Windows
Namun, versi gratis dari SwissKnife hanya tersedia untuk Windows 95 melalui XP. Jika anda ingin menggunakannya pada versi yang lebih baru dari Windows, anda harus membeli Premium SwissKnife.
Download SwiisKnife
Format External Hard Drive Ke FAT32 di Windows dengan Fat32Formatter
Alat ini bisa anda gunakan pada Windows 7 anda dapat mencoba Fat32Formatter. Ini adalah alat self-executable dengan GUI yang layak yang memungkinkan anda untuk memformat hard drive besar dengan FAT32.
Fat32Formater Cara Memformat External Hard Drive ke FAT32 di Windows
Fat32Formatter bekerja dengan Windows XP dan 7 dan mendukung hingga 2TB ukuran partisi. Anda dapat memilih ukuran unit alokasi dan memberikan partisi volume label baru. Sayangnya alat ini, tidak dapat membuat partisi baru.
Jika anda ingin mengelola partisi anda, yaitu membuat yang baru atau mengubah ukuran mereka, saya sarankan agar anda menggunakan perangkat lunak khusus. Pertama, ciptakan sebuah partisi yang ingin anda format dengan FAT32. Kemudian, dalam kasus manajer partisi anda tidak dapat melakukannya, gunakan salah satu alat di atas untuk melakukan format FAT32.

Download Fat32Formatter